Senin, 01 Februari 2016

''karst sangkulirang'' sejarah dunia yang belum terjamah

Karst Sangkulirang Mangkalihat terletak di Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Timur. Seperti halnya kawasan karst, lokasi dari Sangkulirang Mangkalihat ini pun dikelilingi oleh dinding-dinding terjal, gua bawah tanah dengan ukiran alam eksotis, serta perbukitan hijau yang membuat travelers terkagum-kagum. Keindahaan kelompok karst berukuran raksasa ini membenteng dari Kabupaten Kutai Timur hingga ke Kabupaten Berau.
dengan perjalanan dari ibukota samarinda akan memakan waktu sekitar +-8 jam melewati sengata dan bengalon
 Menurut hasil penelitian, kawasan karst ini memberi informasi tentang jejak manusia purba yang bisa dilihat dari lukisan tangan, gambar perahu, dan lukisan berbagai jenis binatang yang tergambar jelas pada dinding-dinding gua dan konon telah ada sekitar 10.000 tahun SM. Disini juga ditemukan tulang, wadah yang terbuat dari tanah liat, serta alat-alat yang terbuat dari batu. Masih dari hasil penelitian, diperkirakan penyebaran rumpun manusia purba Austronesia diawali dari pegunungan karst Sangkulirang. Ini artinya, Karst Sangkulirang Mangkalihat menjadi titik awal kemunculan manusia purba yang ada di bumi pertiwi.

didalamnya banyak terdapat gua gua yang menunjukan adanya aktivitas manusia kala itu seperti cap tangan gambar di dinding dan sebagainya.
semoga karts sangkulirang mangkalihat ini bisa menjadi situs warisan dunia yang harus dilestarikan keberadaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system